Tantangan dan peluang bisnis di tahun 2015
Kembali lagi di blog saya yg memberikan informasi yang berguna
bagi pembaca sekalian. Disini saya akan membicarakan tantangan dan peluang
bisnis di tahun 2015 sama seperti judulnya. Banyak yang beranggapan kalau berbisnis
di tahun 2015 jauh lebih baik lagi di bandingkan tahun 2014. Ya memang ada
benarnya, tetapi ada yang perlu di perhatikan lagi karna masyarakat belum
banyak yang mengetahui tantangan yang sangat sulit di tahun 2015
Tahun 2015 kita harus bekerja ekstra keras. Mengapa demikian?
Yap tahun 2015 ditandai dengan dibukanya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) yang
bertujuan untuk menciptakan ASEAN sebagai sebuah pasar tunggal dan kesatuan
basis produksi. Dengan demikian akan terjadi gempuran atas barang, jasa,
investasi, dan modal, serta adanya penghapusan tarif bagi perdagangan
antarnegara ASEAN.
( MEA adalah sebuah kesepakatan yang dibuat oleh para pemimpin
di kawasan Asia Tenggara untuk membentuk sebuah pasar tunggal di akhir
tahun 2015. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan daya saing negara anggota
ASEAN terutama )
Tentu saja ini akan membuat persaingan pasar global menjadi
semakin ketat. Untuk itu para pelaku usaha memerlukan persiapan agar mampu
bersaing dalam bisnis dengan negara-negara ASEAN beserta tantangan bisnis yang
ada. Dengan pasar bebas ASEAN, semua produk negara anggota ASEAN akan leluasa
masuk ke Indonesia, sehingga memunculkan persaingan dengan produk lokal. Jika
tidak diantisipasi, maka produk lokal akan tergerus dengan gempuran produk dari
negara-negara lain. Untuk itu para pelaku usaha harus memiliki kesadaran agar
mampu mengelola dan mengembangkan bisnisnya agar tidak kalah dengan persaingan
pasar bebas ASEAN
Ini ada beberapa pendapat tentang tantangan bisnis bagi
pengusaha di tahun 2015 :
1.
Persaingan
pasar
Indonesia menjadi
salah satu target pasar ASEAN karena jumlah penduduk yang besar dan memiliki
banyak potensi sehingga menjadikan Indonesia sebagai konsumen potensial
bagi produk-produk ASEAN. Tentu saja ini akan mengakibatkan persaingan pasar
yang semakin luas dan ketat. Pasar lokal tidak hanya bersaing dengan pemain
lokal, tetapi juga bersaing dengan pengusaha yang berasal dari negara ASEAN
untuk menarik perhatian konsumen di pasar lokal.
Apabila kita
tidak mendorong daya saing dan nilai tambah atas barang/produk yang diproduksi,
maka kita hanya menjadi obyek kemajuan pembangunan di kawasan tanpa
mendapatkan keuntungan yang maksimal. Karena itu, program kebijakan daya saing
menjadi perhatian khusus pemerintah, diantaranya dengan memperkuat UKM nasional
sehingga memiliki daya saing yang tinggi, inovatif, kreatif, dan mampu
memperluas pasar.
2.
Persaingan
produk
Dengan diberlakukannya
MEA 2015 dimana ASEAN menjadi pasar tunggal dan kesatua n basis produksi, maka
akan terjadi free flow atas barang, jasa, produksi, investasi dan
penghapusan tarif bagi perdagangan antar negara ASEAN. Dengan dibanjirinya
pasar lokal dengan produk dari negara ASEAN akan mempengaruhi laju produksi
lokal. Terlebih, jika produk lokal tersebut tidak memenuhi standar, baik dari
segi kemasan, kualitas produk, atau legalitasnya. Tentu saja ini akan membawa
dampak yang signifikan bagi para pengusaha lokal jika tidak segera diatasi.
Agar berhasil masuk
dalam jaringan produksi global diperlukan dukungan dan pengetahuan yang
memadai. Dalam hal ini pengusaha diharapkan untuk meng-upgrade pengetahuan dan
skill mereka di berbagai bidang. Tidak hanya memperluas pasar sebesar-besarnya,
tapi bagaimana produknya dapat diterima secara global. Produk yang dihasilkan
harus memenuhi standar yang telah ditetapkan, misal dari segi kelayakan,
kesehatan/keamanan, serta pengemasan.
3.
Sumber
Daya Manusia
Penyebab sulitnya
sebuah bisnis berkembang tidak hanya disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan
ketrampilan usaha. Tenaga kerja yang kurang memadai dan tidak berorientasi pada
pengembangan juga dapat mengakibatkan bisnis berjalan di tempat.
Kualitas SDM dapat ditingkatkan untuk menunjang bisnis yang dijalankan.
Peningkatan kualitas dapat melalui pelatihan dan pengembang skill bisnis,
baik manajemen, keuangan dan lainnya.
dalam
hal menarik investasi asing. Dengan adanya investasi tersebut diharapkan akan
dapat memperbesar penyerapan tenaga kerja sehingga dapat meningkatkan
kesejahteraan masyarakat. Di sisi lain, dengan adanya MEA maka dimungkinkan
penjualan barang dan jasa antar negara menjadi lebih mudah.
Peluang Bisnis yang
Menjanjikan Ditahun 2015 dan Prospeknya
Disini saya akan
membahas peluang bisnis di tahun 2015, ada banyak yang berpendapat dari segi
bisnis ada juga dari segi shio. Saya akan memberikan sedikit info bagi kalian
yg ingin membuka bisnis ditahun 2015.
Bisnis Online
Peluang Bisnis online masih menjadi primadona yang semakin marak
dilakukan oleh masyarakat di tanah air dengan semakin meluasnya jaringan
internet di berbagai pelosok daerah. Hanya dengan modal sambungan internet
bisnis online ini dapat dilakukan kapan dan dimana pun bahkan dengan smartphone
yang mempunyai sambungan internet.
Bisnis-bisnis yang
berhubungan dengan bisnis online adalah internet marketer atau online shop,
affliate, dropshipper, Forex marketing, PPC (pay per click) atas iklan yang
diklik oleh pengunjung pada blog Anda, atau memanfaatkan Youtube untuk
mengunggah video Anda dan mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditayangkan
pada video tersebut.
Dan bisnis ini
mempunyai prospek sangat bagus untuk tahun 2015 bahkan tahun-tahun selanjutnya,
karena jumlah pemakai online diindonesia semakin meningkat setiap tahun.
Berarti Peluang Bisnis 2015, khususnya online mempunyai prospek yang sangat
bagus. Selain bisnis online, masih banyak lagi bisnis lainnya yang tidak kalah
menjanjikan seperti, Franchise (waralaba).
Franchise (waralaba)
Waralaba merupakan Peluang Bisnis 2015 yang
mempunyai prospek sangat menjanjikan dan bisa menjadi pilihan bagi Anda yang
ingin memulai bisnis. Usaha waralaba semakin banyak dilirik para pebisnis,
karena usaha ini sangat cocok dijalankan dimanapun.
Jika ingin memulai
bisnis waralaba, sebaiknya carilah waralaba yang sudah bermerk terkenal. Tentu
Anda akan lebih mudah menjalankan bisnis ini karena tinggal menduplikasi konsep
bisnisnya yang telah teruji. Apalagi sebagai pemegang merk dari produk
inovasi yang Anda ciptakan, maka Anda akan berpeluang untuk mendapatkan
kesuksesan besar.
Salah satu bisnis
waralaba yang menjanjikan ditahun 2015 adalah bisnis kuliner. Sebenarnya sangat
banyak sekali bisnis kuliner yang bisa dijalankan. Tetapi pada kesempatan ini
kami akan membahas bisnis kuliner, bisnis kuliner yang dimaksud adalah jualan
frozeen food atau makanan olahan beku. Keuntungan bisnis ini adalah proses
pemasaranya bisa dijalankan secara online maupun ofline.
Jika anda bisa
menjalankan bisnis ini secara online maka kesempatan untuk mendapatkan
Prediksi Bisnis 2015:
Ini peluang bisnis yang menjanjikan bila dilihat dari
segi shio :
A. Bisnis yang menguntungkan (Api, Bumi, Logam)
* Pendidikan
* Komunikasi
* Real estat
* Elektronik
* Keamanan rumah
* Energi
* Bahan bangunan
* Renovasi rumah
* Bisnis makanan
* Bisnis pameran
* Mobil
* Pertambangan
* Perbankan dan Keuangan.
B. Bisnis yang kurang menguntungkan (Air, Kayu)
* Bisnis berorientasi pada air
* Perikanan
* Travel
* Penerbangan
* Pakaian
* Impor dan Ekspor.
http://astroshiopedia.blogspot.com/2014/12/peluang-bisnis-yang-cocok-di-tahun-2015.html
Komentar
Posting Komentar